Langsung ke konten utama

orang INDONESIA dibalik temuan Planet Alien

Temuan terkini dalam dunia astronomi. Sebuah planet baru...
Ditemukan oleh Max Planck Institut fur Astronomie (MPIA) di Jerman. Diberi nama Planet HIP 13044b, sebab mengelilingi HIP 13044, sebuah bintang tua yang sekarat.
Planet HIP 13044b yang karena datang dari antah berantah itu maka disebut Planet "Alien"
Tapi yang mau di angkat disini bukan Planet baru ini tapi... satu sosok dibalik kesuksesan team ternyata di pimpin oleh Astronom Indonesia.
Beliau adalah Johny Setiawan.Dr.rer.nat.
Meski gemilang di luar negeri;tidaklah banyak orang Indonesia yang tau siapa dan sepak terjang sang astronom.
Pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini bekerja di Max Planck Institut for Astrnomy (MPIA),Jerman.
Hebatnya,ia orang non Jerman yang di PERCAYA ber kali kali sebagai ketua tim proyek.
Ia bergabung sebagai peneliti post-doctoral di MPIA; di Departemen of Planet and star Formation sejak Juni-2003. Di Tahun yang sama ia mulai memimpin penelitian di observasi bintang dan planet ESO La Silla; Selain itu,ia juga bekerja secara khusus di sejumlah proyek seperti ESPRI (Pencarian Planet dengan PRIMA/Phase-Refrenced Imaging and Micro-arcsecond Astrometry).
Sebelum penemuan terbaru soal planet alien itu,Johny dan teamnya menemukan sekitar 10 planet baru,meski tak semua dipublikasikan. Pada tahun 2008,misalnya, ia dan Timnya menemukan planet yang diberi nama TW Hya b. Planet tersebut mengelilingi bintang TW Hydrae itu berada di konstelasi Hydra yang berjarak 180 tahun cahaya dari bumi.
Penemuan ini membuat kaget dunia Astronomi. Sebab kurun waktu 12 tahun terakhir tak satupun planet yang muncul dari bintang muda.
Sebagai asli orang Indonesia,Johny menguasai bahasa ibu; Bahasa Indonesia dan lancar berbahasa Jerman, Inggris, Spanyol dan Perancis.
Selain bekerja di MPIA,Johny aktif memberikan ceramah soal astronomi; baik di Jerman maupun Indonesia.
Selain kesibukan sebagai Ilmuwan,Johny juga punya hobi masak. Dia bisa memasak hampir semua jenis masakan tradisional Indonesia,yang kerap disajikan untuk teman-temannya sesama astronot.

sumber: Viva news by Elin Yunita Kristanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekspor Lintah Hingga ke China

Terkadang kita tidak jeli dalam melihat peluang di sekitar kita, lain halnya dengan Midin Muhidin pengusaha dari Depok, justru memanfaatkan Lintah yang buat sebagian besar Jijik justru membawa berkah dan rezeki hingga ratusan juta per bulannya.
Berawal dengan melihat terapi lintah utk kesehatan, Midin berkenyakinan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat bagus, maka didirikan CV. Entha Farm di lahan milik saudaranya untuk membudidayakan lintah.
Dalam upaya mendukung usahanya Midin mempelajari manfaat lintah sebagai alat terapi secara ortodidak dari bermacam-macam referensi, sampai menemukan fakta bahwa lintah bisa mengobati bermacam penyakit seperti Diabetes dan stroke. Karna darah kotor akan dihisap lintah dan akan mengeluarkan semacam zat hirudin yang berfungsi sebagai antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah.
Menurut Midin, budidaya lintah cukup mudah lantaran tidak memerlukan lahan yang luas, biaya cukup murah. Bak ukuran 2x3 bisa menampung hingga 1000 ekor hanya dengan me…

M3 AMPHIBIOUS RIG Truk PONTON Raksasa

Indonesia sebagai Negara kepulauan tentunya sangat banyak di aliri Sungai, dan transportasi antar pulau menjadi syarat Utamanya, sehingga beberapa kendaraan Tempur mengalamai kendala / kesulitan untuk berpindah dari satu daerah / kota ke daerah / kota lainnya,
Seiring hadirnya MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 dengan bobot 60 ton, maka diperlukan dukungan khusus untuk mobilitas, terutama saat tank tanpa kemampuan amfibi ini harus melintasi sungai yang cukup lebar. Dalam pengadaan armada Leopard 2A4 dari Jerman memang disertakan tank jembatan BRLPZ-1 Beaver AVLB, namun dengan bentang jembatan 22 meter, kemampuan Beaver lebih efektif untuk melintaskan Leopard di medan parit. Nah, bagaimana jika Leopard harus melintasi sungai dengan lebar sampai seratus meter?

Sebagai jawabannya, Korps Zeni bisa saja menggelar jembatan ponton dan MGB (Medium Girder Bridge) Double Storey with Link Reinforcement Set (LRS). Namun untuk instalasi kedua media penyebaran tadi dibutuhkan waktu dan persiapan y…

40 juta per Bulan atau TETAP Karyawan

Lembaran baru 2018 memasuki minggu kedua, Penulis sudah canangkan Target thn ini... "40 juta per Bulan atau Tetap karyawan" nah lho, ngeri amat...
lalu ada quote penulis di IG @harun eagle "2018 baru muncul di Ufuk Timur, Ambisi, Target, Action..."
Apa ini propaganda Pilkada serentak???
Percaya ini REAL, Terbukti, #BisnisBerkah, #BisnisKeren, #CreativeBisnis, #PengusahaMuda, lihat saja Tabel terlampir :

Jadi ini Kenyataan yang sudah di raih oleh teman-teman dari Aceh dan Papua, kok bisa...
bukan dari pulau jawa atau kota besar lainnya ternyata ini Pembuktian Perusahaan Bonafide dengan Sistem & Produk yang sangat keren sehingga Mampu mewujudkan ini semua dimana saja. So kalau Aceh dan Papua bisa kota besar lainnya harusnya lebih BISA bahkan lebih Dashyat 2-3 atau 10 kali lipat, bagaimana dengan ANDA????
Penulis menjalankan usaha ini bersama Puteriku yang cantik sebagai patnership yang kompak dimana saling berbagi Tugas antara Demo, Presentasi, Bina Team work…