Langsung ke konten utama

Mobil Formula UGM ikut kompetisi Dunia



Bimasakti Generasi Ke-8 Jadi Gaco UGM pada Kompetisi Mobil Formula di Jepang

Harianjogja.com, SLEMAN—Bimasakti Racing Team UGM akan berlaga di ajang prestisius Student Formula SAE Japan.
Dalam kompetisi ini, Tim Bimasakti membawa mobil Bimasakti generasi ke-8 sebagai penyempurnaan dari mobil generasi sebelumnya yang membawa tim ini meraih gelar di ajang serupa tahun 2018 silam.
“Tim ini membuat mobil yang lebih ringan, lincah, aerodinamis, serta ergonomis. Kami menerapkan prinsip ergonomika pada bagian kokpit untuk mempermudah pengendalian mobil serta memperhatikan segi kenyamanan pengemudi,” ujar Muhammad Kamal Ardi Putra, Ketua Tim dikutip dari situs UGM, Rabu (7/8/2019).
Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ini menerangkan, perencanaan serta persiapan baik dari segi teknis maupun non-teknis telah dilaksanakan sejak akhir 2018. Mobil BM-8 akhirnya dirakit pada pengujung April 2019, menandai rampungnya proses desain dan manufaktur mobil formula kebanggaan UGM ini.
Langkah selanjutnya ialah melakukan test drive mobil secara rutin untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pembalap maupun mobil BM-8 sendiri. Test drive ini juga berperan sebagai simulasi perlombaan untuk melihat performa mobil sekaligus pembalap dan melatih kesiapan tim dalam menghadapi berbagai tantangan.
“Dengan memfokuskan pengembangan di bagian mesin, kami yakin bahwa performa mobil BM-8 ini lebih baik dan prestasi Tim Bimasakti akan meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kamal.
Bimasakti Racing Team didirikan pada 26 November 2010 dan merupakan tim pertama dari Indonesia yang mengikuti ajang perlombaan Student Formula SAE. Student Formula SAE merupakan kompetisi rancang bangun mobil formula tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers (SAE) dan digelar di berbagai belahan dunia.
Student Formula Japan yang diikuti oleh Bimasakti Racing Team sejak 2011 ini mengajak mahasiswa untuk mendesain, membangun, dan mengembangkan mobil tipe formula dalam skala kecil. Aspek yang dinilai terbagi atas static event dan dynamic eventStatic event meliputi tiga hal yaitu cost eventdesign event, dan presentation event. Sementara itu, dynamic event terdiri atas acceleration, skidpad, autocross, dan endurance.
Pada 2018, Bimasakti Racing Team UGM berhasil memperoleh prestasi yang cukup fantastis dalam kompetisi ini. Pencapaian tertinggi yang diraih tim ini adalah peringkat ke-3 Bussiness Presentation Event serta Jama Chairman Award. Penghargaan Jama ini diberikan kepada tim yang berhasil melewati semua rangkaian perlombaan tanpa nilai penalti mulai dari registration, document submission, maupun technical inspection.
Prestasi lain yang juga berhasil dicapai oleh Tim Bimasakti dalam ajang tersebut yaitu 1st Place Endurance Event from Southeast Asia, 10th Place Skidpad Event, dan 26th Overall Rank of 2018 Student Formula Japan. Dengan sederet prestasi yang telah diraih tim generasi sebelumnya, Kamal optimis pada tahun ini Tim Bimasakti dapat meraih hasil yang lebih baik.
“Dengan berpedoman teguh pada nilai-nilai yang ada, semangat kerja seluruh anggota tim, dan support dari berbagai pihak, Bimasakti Racing Team UGM akan selalu berinovasi dan berkembang menjadi tim terbaik dalam mengharumkan nama luhur bangsa Indonesia di kancah dunia,” ucap Kamal.
Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno menyatakan dukungannya bagi Tim Bimasakti. Ia pun berpesan agar para mahasiswa dapat menjaga fokus hingga kompetisi dimulai, agar dapat meraih prestasi yang terbaik.
“Kami mendukung kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini. Semoga apa yang sudah dikerjakan memberikan hasil yang baik dan bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional,” tuturnya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sanca, Ranpur Anti-Ranjau Buatan Anak Negeri

Tahukah Sahabat #JayalahMerahPutihku Ranpur NKRI saat ini semakin berkembang & canggih dan lebih membanggakan kita lagi adalah Hasil Buatan Anak Negeri lewat PT.Pindad Sebelumnya ada Tank Luar Biasa "Anoa", "Anoa2" kemudian "Komodo" dan sekarang Sanca yang dalam produksi kendaraan militer ini Thales Australia sebagai pemegang resmi desain dasar dari Sanca, sementara Pindad menghasilkan Sanca yang disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Direktur Komersial PT Pindad Widjajanto menjelaskan, kendaraan ini didesain khusus untuk angkutan personil dan pertahanan. Sebagai kendaraan militer, Sanca dianggap mampu menjinakkan ledakan ranjau yang ditanam musuh di tanah. "Frame nya itu berbentuk V. Dengan model frame seperti itu, bila terjadi ledakan di bawah, hentakannya ke samping. Jadi kendaraan tetap aman, tetap save," kata Widjajanto Menurut Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Pindad Hery Mochtady, ranpur Sanca ini dapat mengangkut

Autisme bukan HOROR, tapi bisa di Sembuhkan

Autisme atau Astism Spektrum Disorder (ASD)    Definisi Apa itu autisme ? Autism Spectrum Disorder atau autisme adalah kelainan neurologis dan perkembangan yang dimulai pada masa kanak-kanak dan bertahan seumur hidup. Autisme dapat mempengaruhi anak dalam interaksi sosial, berkomunikasi secara verbal dan non verbal, serta perilaku. Anak dengan autisme mengalami kesulitan untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Hal ini membuat mereka sangat sulit untuk mengekspresikan diri baik dengan kata-kata, gerak tubuh, ekspresi wajah, dan sentuhan. Selain itu, anak dengan autisme juga  cenderung melakukan hal yang diulang-ulang dan memiliki  ketertarikan yang sempit dan obsesif. Seseorang dengan sindrom autisme sangat sensitif sehingga ia mungkin akan sangat terganggu, bahkan tersakiti oleh suara, sentuhan, bau, atau pemandangan yang tampak normal bagi orang lain. Autisme bervariasi dalam tingkat keparahan dan gejala. Dalam beberapa kasus, autisme juga dapat ti

M3 AMPHIBIOUS RIG Truk PONTON Raksasa

Indonesia sebagai Negara kepulauan tentunya sangat banyak di aliri Sungai, dan transportasi antar pulau menjadi syarat Utamanya, sehingga beberapa kendaraan Tempur mengalamai kendala / kesulitan untuk berpindah dari satu daerah / kota ke daerah / kota lainnya, Seiring hadirnya MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 dengan bobot 60 ton, maka diperlukan dukungan khusus untuk mobilitas, terutama saat tank tanpa kemampuan amfibi ini harus melintasi sungai yang cukup lebar. Dalam pengadaan armada Leopard 2A4 dari Jerman memang disertakan tank jembatan BRLPZ-1 Beaver AVLB, namun dengan bentang jembatan 22 meter, kemampuan Beaver lebih efektif untuk melintaskan Leopard di medan parit. Nah, bagaimana jika Leopard harus melintasi sungai dengan lebar sampai seratus meter? Sebagai jawabannya, Korps Zeni bisa saja menggelar jembatan ponton dan MGB (Medium Girder Bridge) Double Storey with Link Reinforcement Set (LRS). Namun untuk instalasi kedua media penyebaran tadi dibutuhkan waktu dan pers